Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah
Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan
kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya
sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di
SMP/MTs menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui
penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah.
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)
IPA di SMP/MTs merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai
oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap
satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta
didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang
difasilitasi oleh guru.
B.
Tujuan
Mata pelajaran IPA di SMP/MTs bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Meningkatkan
keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan,
keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
2.
Mengembangkan
pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang
bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.
Mengembangkan
rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang
saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.
Melakukan
inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan
bertindak ilmiah serta berkomunikasi
5.
Meningkatkan
kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan
lingkungan serta sumber daya alam
6.
Meningkatkan
kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu
ciptaan Tuhan
7.
Meningkatkan
pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.
C. Ruang
Lingkup
Bahan kajian IPA
untuk SMP/MTs merupakan kelanjutan bahan kajian IPA SD/MI meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
1.
Makhluk Hidup
dan Proses Kehidupan
2.
Materi dan
Sifatnya
3.
Energi dan
Perubahannya
4.
Bumi dan Alam
Semesta
D.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan
menggunakan peralatan
|
1.1 Mendeskripsikan besaran pokok
dan besaran turunan beserta satuannya
1.2 Mendeskripsikan pengertian suhu
dan pengukurannya
1.3 Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Memahami klasifikasi zat
|
2.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan
basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan
bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia
sederhana
2.4 Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan
campuran
|
3. Memahami wujud zat dan perubahannya
|
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari
3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan
pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah
wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia
|
4.1 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia
zat
4.2
Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat
fisika dan sifat kimia
4.3 Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia
berdasarkan hasil percobaan sederhana
4.4
Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana
|
Kelas VII,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus
beraturan dan gerak lurus berubah
beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati
gejala-gejala kehidupan
5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam
melakukan pengamatan gejala-gejala alam
|
6.
Memahami keanekara-gaman makhluk
hidup
|
6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk hidup
6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup
berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan
mulai dari tingkat sel sampai organisme
|
7. Memahami
saling ketergantungan dalam ekosistem
|
7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan
antara komponen ekosistem
7.2 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman
mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi
manusia terhadap lingkungan
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam
pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami berbagai sistem
dalam kehidupan manusia
|
1.1 Menganalisis
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan
manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
|
2.1
Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan
tumbuhan
2.2
Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada
tumbuhan hijau
2.3
Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Menjelaskan konsep partikel materi
|
3.1 Menjelaskan konsep
atom, ion, dan molekul
3.2 Menghubungkan konsep
atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
3.3
Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa
|
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam
kehidupan
|
4.1 Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan
kimia dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan
efek samping bahan kimia
4.3
Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang
terdapat dalam bahan makanan
4.4
Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
4.5
Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
5. Memahami peranan usaha, gaya,
dan energi dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1
Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan
pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
5.2
Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai
peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
5.3
Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya,
prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.4
Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.5 Menyelidiki tekanan pada
benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
6. Memahami konsep dan penerapan getaran,
gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
|
6.1 Mendeskripsikan konsep
getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
6.2 Mendeskripsikan konsep bunyi
dalam kehidupan sehari-hari
6.3 Menyelidiki sifat-sifat
cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
6.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas IX, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami berbagai sistem
dalam kehidupan manusia
|
1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan
penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
|
2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup
makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada
makhluk hidup
2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil
pewarisan sifat dan penerapannya.
2.4 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung
kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
3. Memahami konsep kelistrikan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1 Mendeskripsikan muatan
listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam
kehidupan sehari-hari
3.2 Menganalisis percobaan
listrik dinamis dalam suatu rangkaian
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Mendeskripsikan prinsip kerja
elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan hubungan
energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara
membuat magnet
4.2 Mendeskripsikan
pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
4.3
Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk
menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi
elektromagnetik
|
5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
|
5.1 Mendeskripsikan karakteristik sistem tata
surya
5.2 Mendeskripsikan matahari
sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet
5.3 Mendeskripsikan gerak edar
bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
5.4 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan
zat dan kalor
5.5 Menjelaskan hubungan antarar proses yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan
lingkungan
|
E.
Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian
kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian
perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar