Sabtu, 03 Desember 2011

KETERAMPILAN MENJELASKAN


Pengertian menjelaskan dalam kaitannya dengan kegiatan pembelajaran mengacu kepada perbuatan mengorganisasikan materi pelajaran dalam tata urutan yang terencana dan sistematis sehingga dalam penyajiannya siswa dengan mudah dapat memahaminya.
Pentingnya penguasaan keterampilan menjelaskan bagi guru adalah dengan penguasaan ini memungkinkan guru dapat meningkatkan efektivitas penggunaan waktu dan penyajian penjelasannya, mengestimasi tingkat pemahaman siswa, membantu siswa memperluas cakrawala pengetahuannya, serta mengatasi kelangkaan buku sebagai sarana dan sumber belajar.
Keterampilan menjelaskan mutlak perlu dimiliki oleh para guru. Seorang guru harus dapat menjelaskan berbagai hal kepada peserta didiknya. Penjelasan yang disampaikan harus sesuai dengan tingkat kemampuan berpikir peserta didik.
Kegiatan menjelaskan bertujuan untuk:
1.   Membimbing siswa untuk memahami konsep, hukum, prinsip, atau prosedur.
2.   Membimbing siswa untuk menjawab pertanyaan “mengapa” secara bernalar.
3.   Melibatkan siswa menghayati berbagai proses penalaran.
4.   Mendapatkan balikan mengenai pemahaman siswa
5.   Menolong siswa menghayati berbagai proses penalaran.
Prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam keterampilan menjelaskan adalah:
1.      Penjelasan dapat diberikan di awal, tengah, maupun akhir jam pelajaran tergantung pada keperluan.
2.      Penjelasan harus relevan dengan tujuan pembelajaran.
3.      Guru dapat memberikan pertanyaan apabila ada pertanyaan dari siswa.
4.      Penjelasan materi harus bermakna bagi siswa
5.      Penjelasan harus sesuai dengan latar belakang dan kemampuan siswa.
Komponen keterampilan menjelaskan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu:
1. Merencanakan materi penjelasan
2. Menyajikan penjelasan
a.    Kejelasan, yaitu keterampilan yang erat kaitannya dengan penggunaan bahasa lisan
b.   Penggunaan contoh dan ilustrasi, yang bisa dilakukan dengan pola induktif atau deduktif,
c.    Pemberian tekanan yang dapat dilakukan dengan berbagai variasi gaya mengajar, dan membuat struktur sajian
Balikan, yang bertujuan untuk mendapat informasi tentang tingkat pemahaman siswa, baik melalui pertanyaan maupun melalui tugas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar