Diskusi biasanya dilakukan oleh guru di dalam proses
belajar dan pembelajaran. Agar diskusi dapat berjalan
dengan baik maka guru perlu memiliki keterampilan dalam memimpin diskusi
kelompok kecil supaya siswa dapat berkomunikasi secara langsung, mengambil
keputusan dan terlibat secara aktif dalam proses belajar. Diskusi
kelompok kecil adalah suatu proses percakapan yang teratur, melibatkan
sekelompok orang dalam interaksi tatap muka yang bebas dan terbuka dengan tujuan
berbagi informasi atau pengalaman, mengambil keputusan dan memecahkan masalah.
Ada beberapa
hal yang harus diperhatikan agar pelaksanaan diskusi kelompok dapat berlangsung
dengan tertib dan efektif, yaitu:
1.
Diskusi hendaknya beralngsung
dalam “iklim terbuka” yaitu dalam suasana persahabatan yang ditandai oleh
kehangatan hubungan antar pribadi, kesediaan menerima dan mengenal lebih jauh
topic diskusi, kenatusiasan berpatisipasi serta kesediaan menghargai pendapat
orang lain sehingga diskusi kelompok berlangsung menyenangkan.
2.
Diskusi yang efektif haruslah
didahului oleh perencanaan dan persiapan yang matang dimana mencakup hal-hal di
bawah ini
a.
Pemilihan topik atau masalah
yang akan didiskusikan
b.
Perencanaan dan persiapan
informasi pendahuluan berhubungan dengan topik tersebut sehingga para siswa
memiliki latar belakang yang sama.
c.
Persiapan diri sebaik-baiknya
sebagai pemimpin diskusi.
d.
Penetapan besar kelompok
berdasarkan pengalaman, kematangan dan keterampilan siswa, tingkat kekompakkan,
intensitas minat belajar dan latar belakang pengetahuan. Besar kelompok yang
efektif adalalah 5-9 orang.
e.
Pengaturan tempat duduk yang
memberikan kesempatan semua anggota kelompok untuk bertatap muka dengan semua
siswa sehingga dia benar-benar menjadi bagian dari kelompok tersebut.
f.
Pemimpin diskusi hendaknya
sejajar dengan para anggota tidak duduk memisah atau kursi khusus.
Komponen-komponen
keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil adalah memusatkan perhatian, memperjelas masalah atau
urutan pendapat, menganalisis pandangan siswa, meningkatkan pendapat siswa, menyebarkan kesempatan
berpatisiasi, dan menutup diskusi
Hal-hal yang
harus dihindari ketika melaksanakan diskusi kelompok kecil antara lain adalah sebagai berikut.
a.
Menyelenggarakan diskusi dengan
topik yang tidak sesuai dengan minat latar belakang pengetahuan siswa.
b.
Mendominasi diskusi antara lain
dengan pertanyaan-pertanyaan yang terlampau banyak dan menyediakan jawaban yang
banyak juga.
c.
Membiarkan siswa tertentu
memonopoli diskusi.
d.
Membiarkan terjadinya penyimpangan-penyimpangan
yang tidak relevan.
e.
Tergesa-gesa meminta respon
siswa atau mengisi waktu dengan berbicara terus sehingga siswa tidak sempat
berpikir.
f.
Membiarkan siswa yang enggan
berpartisipasi.
g.
Tidak memperjelas atau
mendukung pendapat siswa.
h.
Gagal mengakhiri diskusi secara
efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar