Jumat, 02 Desember 2011

KETERAMPILAN MEMBUKA PELAJARAN


Membuka pelajaran merupakan tahap paling awal dalam memulai kegiatan guru di dalam kelas sebelum menuju ke pelajaran inti. Membuka pelajaran atau Set Induction adalah usaha dan kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan prakondisi bagi siswa agar siap secara mental untuk memusatkan perhatian pada pengalaman belajar yang akan disajikan dengan demikian diharapkan siswa akan mudah mencapai kompetensi belajar yang dipersyaratkan. Membuka pelajaran ini merupakan cerminan dari inti pelajaran yang sebenarnya, sehingga harus menarik dan bisa memperlihatkan gambaran umum kepada siswa di kelas agar siswa antusias ke tahap inti.
Tujuan membuka pelajaran adalah sebagai berikut.
a.  Timbulnya perhatian dan motivasi siswa untuk menghadapi tugas-tugas yang akan dikerjakan
b.  Siswa akan tahu batas-batas tugas yang akan dikerjakan
c.  Siswa mempunyai gambaran yang jelas tentang pendekatan-pendekatan yang mungkin diambil dalam mempelajari bagian dari suatu mata pelajaran
d. Siswa mengetahui hubungan antara pengalaman-pengalaman yang dikuasai dalam hal-hal baru yang akan dipelajari atau yang masih asing baginya
e.  Siswa dapat menggabungkan fakta-fakta, keterampilan atau konsep yang tercakup dalam suatu peristiwa
Awal pelajaran atau awal  setiap penggal kegiatan dalam inti pelajaran guru harus melakukan kegiatan membuka pelajaran. Komnponen ketrampilan itu adalah menarik perhatian, menimbulkan motivasi dan materi acuan.
1.    Menarik Perhatian Siswa
Cara yang dapat dipergunakan :
a.    Gaya Mengajar Guru
b.    Penggunaan Alat Bantu Mengajar
c.    Pola Interaksi Yang Bervariasi.
2.    Menimbulkan Motivasi
Cara untuk menimbulkan motivasi
a.    Dengan Hangat dan Antusias
b.    Menimbulkan Rasa Ingin Tahu
c.    Dengan Memperhatikan Minat Siswa.
3.    Memberi Acuan (Structuring)
Untuk itu cara yang dilakukan adalah :
a.     Mengemukakan tujuan dan batas tugas hendaknya guru mengemukakan tujuan pelajaran terlebih dahulu batas tugas yang dikerjakan siswa.
b.     Menyarankan Langkah-Langkah Yang Dilakukan
c.    Mengingatkan Masalah Pokok Yang Dibahas
d.   Mengajukan pertanyaan
4.    Membuat Kaitan
Jika guru mengerjakan materi baru perlu menghubungkan dengan hal yang telah dibuat ssiswa atau pengalaman atau minat dan kebutuhanya untuk mempermudah pemahaman hal-hal yang telah dikenal, pengalaman, minat dan kebutuhan inilah yang disebut dengan pengait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar