A.
Landasan Teori
SAVI singkatan dari Somatic, Auditori, Visual dan
Intektual. Teori yang mendukung pembelajaran SAVI adalah Accelerated Learning,
teori otak kanan/kiri; teori otak triune; pilihan modalitas (visual, auditorial
dan kinestetik); teori kecerdasan ganda; pendidikan (holistic) menyeluruh;
belajar berdasarkan pengelaman; belajar dengan symbol. Pembelajaran SAVI
menganut aliran ilmu kognitif modern yang menyatakan belajar yang paling baik
adalah melibatkan emosi, seluruh tubuh, semua indera, dan segenap kedalaman
serta keluasan pribadi, menghormati gaya belajar individu lain dengan menyadari
bahwa orang belajar dengan cara-cara yang berbeda. Mengkaitkan sesuatu dengan
hakikat realitas yang nonlinear, nonmekanis, kreatif dan hidup.
B.
Prinsip Dasar
Dikarenakan pembelajaran SAVI sejalan dengan gerakan
Accelerated Learning (AL), maka prinsipnya juga sejalan dengan AL yaitu:
1.
pembelajaran melibatkan seluruh pikiran dan tubuh
2.
pembelajaran berarti berkreasi bukan mengkonsumsi.
3.
kerjasama membantu proses pembelajaran
4.
pembelajaran berlangsung pada benyak tingkatan secara
simultan
5.
belajar berasal dari mengerjakan pekerjaan itu sendiri
dengan umpan balik.
6.
emosi positif sangat membantu pembelajaran.
7.
otak-citra menyerap informasi secara langsung dan
otomatis.
C.
Karakteristik
Sesuai dengan singkatan dari SAVI sendiri yaitu
Somatic, Auditori, Visual dan Intektual, maka karakteristiknya ada empat bagian
yaitu:
1. Somatic
”Somatic” berasal dari bahasa yunani yaitu tubuh –
soma. Jika dikaitkan dengan belajar maka dapat diartikan belajar dengan
bergerak dan berbuat. Sehingga pembelajaran somatic adalah pembelajaran yang
memanfaatkan dan melibatkan tubuh (indera peraba, kinestetik, melibatkan fisik
dan menggerakkan tubuh sewaktu kegiatan pembelajaran berlangsung).
2. Auditori
Belajar dengan berbicara dan mendengar. Pikiran kita
lebih kuat daripada yang kita sadari, telinga kita terus menerus menangkap dan
menyimpan informasi bahkan tanpa kita sadari. Ketika kita membuat suara sendiri
dengan berbicara beberapa area penting di otak kita menjadi aktif. Hal ini
dapat diartikan dalam pembelajaran siswa hendaknya mengajak siswa membicarakan
apa yang sedang mereka pelajari, menerjemahkan pengalaman siswa dengan suara.
Mengajak mereka berbicara saat memecahkan masalah, membuat model, mengumpulkan
informasi, membuat rencana kerja, menguasai keterampilan, membuat tinjauan
pengalaman belajar, atau menciptakan makna-maknan pribadi bagi diri mereka
sendiri.
3. Visual
Belajar dengan mengamati dan menggambarkan. Dalam otak
kita terdapat lebih banyak perangkat untuk memproses informasi visual daripada
semua indera yang lain. Setiap siswa yang menggunakan visualnya lebih mudah
belajar jika dapat melihat apa yang sedang dibicarakan seorang penceramah atau
sebuah buku atau program computer. Secara khususnya pembelajar visual yang baik
jika mereka dapat melihat contoh dari dunia nyata, diagram, peta gagasan, ikon
dan sebagainya ketika belajar.
4. Intektual
Belajar dengan memecahkan masalah dan merenung.
Tindakan pembelajar yang melakukan sesuatu dengan pikiran mereka secara
internal ketika menggunakan kecerdasan untuk merenungkan suatu pengalaman dan
menciptakan hubungan, makna, rencana, dan nilai dari pengalaman tersebut. Hal
ini diperkuat dengan makna intelektual adalah bagian diri yang merenung,
mencipta, dan memecahkan masalah.
D. Aktifitas Belajar sesuai dengan
Pembelajaran SAVI
GAYA BELAJAR
|
AKTIFITAS
|
Somatis
|
Orang dapat bergerak ketika mereka:
a.
Membuat model dalam suatu proses atau prosedur
b.
Menciptakan
piktogram dan periferalnya
c.
Memeragakan suatu proses, sistem, atau seperangkat
konsep
d.
Mendapatkan
pengalaman lalu menceritakannya dan merefleksikannya
e.
Menjalankan pelatihan belajar aktif (simulasi,
permainan belajar dan lain-lain)
f.
Melakukan kajian lapangan. Lalu tulis, gambar, dan bicarakan
tentang apa yang dipelajari.
|
Auditori
|
Berikut ini gagasan-gagasan
awal untuk meningkatkan sarana auditori dalam belajar
a.
Ajaklah
pembelajar membaca keras-keras dari buku panduan dan komputer
b.
Ceritakanlah
kisah-kisah yang mengandung materi pembelajaran yang terkandung didalam buku
pembelajaran yang dibaca mereka
c.
Mintalah pembelajar berpasang-pasangan menbincangkan
secara terperinci apa yang mereka baru saja mereka pelajari dan bagaimana
mereka akan menerapkanya
d.
Mintalah pembelajar mempraktikkan suatu ketrampilan
atau memperagakan suatu fungsi sambil mengucapkan secara singkat dan
terperinci apa yang sedang mereka kerjakan
e.
Mintalah pembelajar berkelompok dan bicara non stop
saat sedang menyusun pemecahan masalah atau membuat rencana jangka panjang
|
Visual
|
Hal-hal yang dapat dilakukan
agar pembelajaran lebih visual adalah:
a.
Bahasa yang penuh gambar (metafora, analogi)
b.
Grafik
presentasi yang hidup
c.
Benda 3 dimensi
d.
Bahasa
tubuh yang dramatis
e.
Cerita yang hidup
f.
Kreasi
piktrogram (oleh pembelajar)
g.
Pengamatan lapangan
h.
Dekorasi
berwarna-warni
i.
Ikon
alat bantu kerja
|
Intelektual
|
Aspek intelektual dalam
belajar akan terlatih jika kita mengajak pembelajaran tersebut dalam
aktivitas seperti:
a.
Memecahkan masalah
b.
Menganalisis
pengalaman
c.
Mengerjakan perencanaan strategis
d.
Memilih gagasan kreatif
e.
Mencari dan menyaring informasi
f.
Merumuskan pertanyaan
g.
Menerapkan gagasan baru pada pekerjaan
h.
Menciptakan makna pribadi
i.
Meramalkan implikasi suatu gagasan
|
Belajar bisa optimal jika keempat unsur SAVI ada dalam suatu peristiwa pembelajaran. Pembelajar dapat meningkatkan kemampuan mereka memecahkan masalah (Intelektual) jika mereka secara simultan menggerakan sesuatu (Somatis) untuk menghasilkan piktogram atau pajangan tiga dimensi (Visual) sambil membicarakan apa yang sedang mereka kerjakan (Auditori).
E. Kerangka Perencanaan Pembelajaran SAVI
Pembelajaran
SAVI dapat direncanakan dan kelompok dalam empat tahap:
1.
Tahap persiapan (kegiatan pendahuluan)
Pada tahap ini guru membangkitkan minat siswa,
memberikan perasaan positif mengenai pengalaman belajar yang akan datang, dan
menempatkan mereka dalam situasi optimal untuk belajar.
Secara
spesifik meliputi hal:
a.
memberikan sugesti positif
b.
memberikan pernyataan yang memberi manfaat kepada siswa
c.
memberikan tujuan yang jelas dan bermakna
d.
membangkitkan rasa ingin tahu
e.
menciptakan lingkungan fisik yang positif.
f.
menciptakan lingkungan emosional yang positif
g.
menciptakan lingkungan sosial yang positif
h.
menenangkan rasa takut
i.
menyingkirkan hambatan-hambatan belajar
j.
banyak bertanya dan mengemukakan berbagai masalah
k.
merangsang rasa ingin tahu siswa
l.
mengajak pembelajar terlibat penuh sejak awal.
2.
Tahap Penyampaian (kegiatan inti)
Pada tahap ini guru hendaknya membantu siswa menemukan
materi belajar yang baru dengan cara menari, menyenangkan, relevan, melibatkan
pancaindera, dan cocok untuk semua gaya belajar.
Hal- hal yang
dapat dilakukan guru:
a.
uji coba kolaboratif dan berbagi pengetahuan
b.
pengamatan fenomena dunia nyata
c.
pelibatan seluruh otak, seluruh tubuh
d.
presentasi interaktif
e.
grafik dan sarana yang presentasi brwarna-warni
f.
aneka macam cara untuk disesuaikan dengan seluruh gaya
belajar
g.
proyek belajar berdasar kemitraan dan berdasar tim
h.
latihan menemukan (sendiri, berpasangan, berkelompok)
i.
pengalaman belajar di dunia nyata yang kontekstual
j.
pelatihan memecahkan masalah
3.
Tahap Pelatihan (kegiatan inti)
Pada tahap ini guru hendaknya membantu siswa
mengintegrasikan dan menyerap pengetahuan dan keterampilan baru dengan berbagai
cara.
Secara
spesifik, yang dilakukan guru yaitu:
a.
aktivitas pemrosesan siswa
b.
usaha aktif atau umpan balik atau renungan atau usaha
kembali
c.
simulasi dunia-nyata
d.
permainan dalam belajar
e.
pelatihan aksi pembelajaran
f.
aktivitas pemecahan masalah
g.
refleksi dan artikulasi individu
h.
dialog berpasangan atau berkelompok
i.
pengajaran dan tinjauan kolaboratif
j.
aktivitas praktis membangun keterampilan
k.
mengajar balik
4.
Tahap penampilan hasil (kegiatan penutup)
Pada tahap ini guru hendaknya membantu siswa
menerapkan dan memperluas pengetahuan atau keterampilan baru mereka pada
pekerjaan sehingga hasil belajar akan melekat dan penampilan hasil akan terus
meningkat.
Hal–hal yang
dapat dilakukan adalah:
a.
penerapan dunia nyata dalam waktu yang segera
b.
penciptaan dan pelaksanaan rencana aksi
c.
aktivitas penguatan penerapan
d.
materi penguatan prsesi
e.
pelatihan terus menerus
f.
umpan balik dan evaluasi kinerja
g.
aktivitas dukungan kawan
h.
perubahan organisasi dan lingkungan yang mendukung.
Sumber Bacaan:
De Porter, Bobbi. 2005. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Kelas.
Editor, Mike Hernacki. Diterjemahkan oleh Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.
Meier, Dave. 2005. The Accelerated Learning Handbooks: Panduan Kreatif dan Efektif
Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Diterjemahkan oleh Rahmani
Astuti. Bandung: Kaifa.
Sugiyanto. 2008. Model-Model
Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar