Jumat, 02 Desember 2011

KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI


Membentuk pribadi guru yang menyenangkan siswa dalam proses belajar mengajar tidak mudah. Keprofesionalan guru dalam mengajar di kelas  masih banyak ada yang bisa dikatakan kurang cakap. Hal semacam itu bisa terjadi disebabkan salah satunya adalah dalam menangani siswa atau kelas, guru belum bisa mengendalikannya. Apabila dirinci lagi ternyata dalam mengajar itu variasi-variasi guru dalam mengajar masih minim, gaya mengajar yang dilakukannya monoton. Dengan demikian tidak heran jika siswa tidak antusias mengikuti pembelajaran.
Diantara variasi-variasi yang sangat minim itu adalah variasi dalam mengajar, variasi dalam pola interaksi guru murid serta variasi dalam media dan alat-alat pelajaran. Sedangkan variasi dalam mengajar itu meliputi suara, penekanan (focusing), pemberian waktu (pausing),  kontak pandang, ekspresi roman muka, gerakan anggota badan (gesturing).
Akan tetapi untuk melakukan variasi mengajar ini harus berdasar prinsip pengajaran yaitu:
1.      Dalam menggunakan keterampilan variasi sebaiknya semua jenis variasi digunakan. Selain juga harus ada variasi penggunaan komponen untuk tiap jenis variasi semua itu untuk mencapai tujuan belajar.
2.      Menggunakan variasi secara lancar dan berkesinambungan sehingga moment proses belajar yang utuh tidak rusak, perhatian anak didik dan proses tidak terganggu.penggunaan komponen variasi harus benar-benar terstruktur dan direncanakan oleh guru. Karena itu memerlukan penggunaan yang luwes spontan sesuai dengn umpan balik yang diterima siswa.
Diadakan variasi mengajar oleh guru terhadap siswanya bukanlah kegiatan tanpa tujuan atau maksud tertentu. Tujuan diadakannya variasi mengajar adalah:
1.      Meningkatkan dan memelihara perhatian siswa terhadap relevansi PBM.
2.      Memberikan kesempatan kemungkinan berfungsinya motivasi
3.      Membentuk sikap positif terhadap guru dan sekolah
4.      Memberi kemungkinan pilihan dan fasilitas belajar individual
Mendorong anak didik untuk belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar